Inovasi Luar Biasa Dari Internet Yang Mengubah Segalanya

Inovasi Luar Biasa Dari Internet Yang Mengubah Segalanya – Internet tak cuma membuat dunia menjadi tempat yang jauh lebih kecil, tetapi juga menempatkan informasi tepat di ujung jari kita. Apakah kita ingin memesan penerbangan pan Atlantic atau membaca tentang teori konspirasi terbesar di dunia, sama sekali tidak ada yang dapat kita temukan di internet. Faktanya, pada saat ini jika kita tidak dapat menemukan sesuatu di internet, kita anggap itu tidak ada.

Filter Snapchat, meme kucing, dan gif – banyak yang telah berubah dalam dekade terakhir. Begitu banyak sehingga telah mengubah cara kita hidup. Browser web membantu kita mengakses jutaan situs web, teknologi VoIP memungkinkan kita berkomunikasi dan berbicara dengan orang-orang di seluruh dunia, WiFi memungkinkan kita terhubung ke Internet tetangga kita, teknologi Peer-to-Peer memungkinkan kita mengirim dan menerima file, dan GPS selalu membantu kita pulang. Meskipun Anda mungkin berpikir sebagian besar inovasi agak baru, teknologi seperti tanggal GPS kembali ke Perang Dunia Kedua dan email pertama kali dikembangkan pada awal 1960-an. idn play

Inovasi Luar Biasa Dari Internet Yang Mengubah Segalanya

Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan semua inovasi internet yang benar-benar mengubah segalanya untuk kami dan generasi mendatang. Berikut adalah 15 inovasi internet luar biasa yang harus Anda ketahui:

1. GPS

Inovasi Luar Biasa Dari Internet Yang Mengubah Segalanya

Apakah Anda tidak suka bahwa Anda bisa berada di mana saja di dunia dan Anda tidak perlu meminta petunjuk? Anda bisa menghidupkan GPS di ponsel Anda, masukkan tujuan, dan pergilah. Global Positioning Systems, atau GPS, sebenarnya pertama kali dikembangkan selama Perang Dunia Kedua. Tapi itu merupakan pendahulu yang sangat mendasar, dan versi yang lebih maju dikembangkan oleh Uni Soviet pada tahun 1957. Segera, teknologi GPS mulai digunakan untuk keperluan militer dan untuk melacak pesawat komersial. Tetapi publik harus menunggu lama untuk mendapatkan sistem GPS dengan peluncuran sistem navigasi Google dan Nokia.

2. DOMAIN DAN WEBSITES

Mampu membeli domain Anda sendiri dan mengembangkan situs web adalah bagian paling menyenangkan dan menakjubkan dari internet. Dan fakta bahwa siapa pun dapat melakukannya menjadikan semuanya jauh lebih mudah. Domain pertama yang dibeli adalah symbolics.com. Domain ini terdaftar pada Maret 1985 oleh Symbolics Computer Corporation yang berbasis di Cambridge. Situs web ini masih aktif, dan menampilkan statistik tentang domain tersebut. Setelah Symbolics, DEC dibeli oleh Compaq, yang kemudian dibeli oleh HP. Sekarang ini, ada lebih dari 300 juta domain situs web di dunia.

3. EMAIL

Saat awal 1960-an ketika email pertama kali digunakan ketika para ilmuwan dan peneliti akan meninggalkan pesan untuk satu sama lain di kotak surat online yang hanya dapat diakses melalui terminal yang sama. Kemudian, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyewa sebuah perusahaan Bolt Beranek dan Newman untuk mengerjakan ARPANET dan membuat protokol transfer file. Salah satu karyawan BNN, Ray Tomlinson, menyadari bahwa untuk dapat mengirim file dan data ke pengguna lain, perlu ada pengidentifikasi yang mirip dengan alamat surat. Dia membutuhkan pengenal unik, sehingga mudah bagi pengguna untuk mengidentifikasi alamat email dan untuk itu, ia menggunakan simbol ‘@’, dan itu mengubah segalanya.

4. DOWNLOADABLE MUSIC

Itu pada tahun 1993 ketika label besar pertama, Geffen Records, merilis lagu oleh Aerosmith disebut “Head First” online yang tersedia untuk diunduh. Musik yang dapat diunduh di Internet selamanya mengubah cara industri musik bekerja. Sementara banyak orang menganggap internet sebagai tempat hanya musik ilegal yang dapat dengan mudah diunduh, para visioner seperti Steve Jobs berpikir sebaliknya. Mungkin perlu waktu beberapa saat bagi Apple, tetapi iTunes akhirnya diluncurkan pada tahun 2003. Dan hari ini, musik yang dapat diunduh telah memungkinkan seniman independen memperoleh penghasilan dari musik mereka, tanpa harus menandatangani dengan label besar. Itulah kekuatan internet.

5. WIFI

Ingat kembali pada hari ketika Anda harus mencolokkan kabel DSL yang mengganggu ke komputer Anda? Karena kabelnya, kami tidak bisa beranjak dari modem, dan bagian yang paling menyebalkan adalah pasti ketika bagian clipper dari kabel terputus. Tapi sekarang berkat WiFi, kita bisa duduk di mana saja kita mau dan mengakses internet, tanpa harus khawatir tentang kabel. Belum lagi, lebih dari satu orang dapat menghubungkan internet secara bersamaan. Bagian terbaiknya, – WiFi gratis. Bisakah Anda bayangkan pergi ke kafe dan meminta kabel DSL alih-alih kata sandi WiFi mereka?

6. E-COMMERCE

Inovasi Luar Biasa Dari Internet Yang Mengubah Segalanya

Hari ini, kami memesan sebagian besar barang kami secara online. Sebelum meninggalkan rumah, kami memiliki kebiasaan memeriksa Amazon atau eBay untuk melihat apakah ada penawaran hebat yang tersedia. Dan jika ada pengiriman semalam, tidak mungkin kami berjalan ke toko. E-commerce telah membangun industri besar di seluruh dunia, dan itu dimungkinkan karena internet. Dari furnitur hingga kaus kaki, semua yang kita butuhkan sekarang tersedia secara online dan dikirimkan ke depan pintu kami. Tentu saja, Amazon dan eBay-lah yang memulai semuanya ketika diluncurkan pada 1995.

7. SOFTWARE SEBAGAI SERVICE

Sama seperti teknologi lain dalam daftar, Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS) telah ada sejak lama, tetapi baru mulai digunakan oleh publik dalam dekade terakhir. Dengan menambahkan SaaS dengan AJAX, perangkat lunak dikembangkan yang tersedia berdasarkan permintaan online, dan datanya disimpan di cloud. Keuntungan terbesar dari aplikasi SaaS adalah Anda dapat menggunakan perangkat lunak ini dari browser web apa pun dan mengakses data dari mana saja, selama Anda terhubung ke internet. Ini artinya Anda tidak perlu membawa drive lokal atau drive eksternal ke mana pun. Tapi tentu saja, kerugian terbesar dari layanan ini adalah bahwa ketika aplikasi SaaS turun, tidak ada cara untuk mengakses data Anda.

8. AJAX

Asynchronous JavaScript and XML (AJAX) memungkinkan situs web dan aplikasi web untuk secara langsung menampilkan konten baru dan yang diperbarui tanpa memuat ulang halaman. Terdengar membosankan? Bayangkan jika Anda harus me-refresh halaman setiap kali Anda mengetik sesuatu di Google Documents, atau Anda mencoba menemukan sesuatu di Google Map? Kedengarannya sulit, bukan? Ya, Anda tidak perlu melakukan semua itu karena AJAX. Teknologi ini telah mampu memberikan pengalaman seperti desktop untuk aplikasi web, dan sekarang digunakan oleh sejumlah aplikasi web di seluruh dunia termasuk Netflix, Yahoo, dan Twitter.

9. PEER TO PEER

Meskipun mungkin sedikit lebih mudah untuk membayangkan hidup Anda tanpa Netflix, dapatkah Anda benar-benar membayangkan betapa berbedanya kehidupan jika itu bukan karena torrent? Teknologi Peer-to-Peer (P2P) memungkinkan data untuk ditransfer dari satu komputer ke komputer lainnya. Jadi, alasan Anda dapat mengirim dan menerima file besar secara online dengan mudah adalah karena P2P. Saat ini, lalu lintas P2P menyumbang 25-50% dari total lalu lintas internet, dan itu tidak hanya terbatas pada torrent ilegal. Ini sebenarnya teknologi P2P yang memungkinkan orang untuk berbagi file musik MP3 dan akhirnya membuka jalan bagi iPod, dan kemudian iTunes dan toko musik lainnya.

10. RSS

Meskipun Anda mungkin pernah mendengar istilah RSS sebelumnya, Anda mungkin tidak tahu bahwa istilah itu singkatan dari Really Simple Syndication. Ini adalah teknologi yang memungkinkan situs web untuk mendorong pembaruan seperti artikel berita dan posting blog langsung kepada pengguna. Pengguna, pada gilirannya, dapat melihat pembaruan ini pada pembaca feed RSS berbasis web atau desktop, atau mereka juga dapat meminta pembaruan secara langsung diemailkan kepada mereka. Ini memungkinkan pengguna untuk tetap diperbarui dengan konten segar tanpa harus mengunjungi setiap situs web favorit mereka berulang kali. RSS tidak hanya mengubah cara pengguna berinteraksi dengan konten, tetapi juga mengubah cara pemilik situs web menyediakan konten.

Chris Pierce

Back to top