Kelebihan dan Kekurangan Internet Untuk Bisnis

Kelebihan dan Kekurangan Internet Untuk Bisnis – Internet sudah digunakan dalam dunia bisnis selama bertahun-tahun karena efektivitas dan produktivitasnya. Tak dapat dipungkiri bahwa internet telah mengubah cara pandang bisnis. Saat ini, ada banyak bisnis yang hanya mengandalkan online. Nyaris semua bisnis saat ini merasa sulit untuk beroperasi tanpa internet.

Walaupun internet memudahkan kegiatan bisnis, tetap saja dengan beberapa kekurangan. Pro dan kontra ini memungkinkan Anda untuk memutuskan jenis perusahaan apa yang akan diuntungkan dari internet.

Pada artikel kali ini akan menjelaskan tentang beberapa Kelebihan dan Kekurangan Internet untuk Bisnis. Melalui posting ini, Anda akan mengetahui pro dan kontra dari internet untuk bisnis.

Keuntungan Internet untuk Bisnis

Kelebihan dan Kekurangan Internet Untuk Bisnis

1. Biaya

Memasukkan internet ke dalam bisnis mengurangi beberapa biaya. Staf akan dapat bekerja dari rumah tanpa secara fisik masuk ke dalam gedung kantor. Dengan demikian, biaya sewa gedung perkantoran dihilangkan.

Selain itu, menggunakan platform media sosial pemasaran bisa relatif dengan biaya yang lebih murah. Semua produk dan layanan Anda dapat dikirimkan ke pelanggan target Anda tanpa banyak biaya.

2. Jangkauan

Internet tidak dibatasi oleh batasan geografis. Oleh karena itu, ia memiliki potensi untuk membuat bisnis Anda menjangkau seluruh dunia. Akhirnya ini bisa menyebabkan lebih banyak penjualan. Ini memberikan peluang bagi bisnis kecil untuk berkembang secara global dengan menargetkan pelanggan internasional.

3. Kenyamanan

Tidak hanya pelaku bisnis bahkan pelanggan pun merasa nyaman dalam menggunakan internet. Jika ini adalah e-commerce, pelanggan dapat membaca tentang produk, ulasan, dan melakukan transaksi secara instan. Mereka tidak perlu datang ke toko secara fisik.

Produk akan dikirim dekat tangga pintu mereka. Dan, jika mereka memiliki pertanyaan terkait produk, mereka juga dapat mengirimkannya melalui email. Apapun itu, pelanggan pasti akan puas dengan pelayanannya.

4. Komunikasi

Alat komunikasi menjadi lebih mudah bagi bisnis sejak penemuan internet. Sebelum internet, bisnis mengandalkan surat tradisional atau panggilan telepon untuk komunikasi yang dapat menghabiskan lebih banyak waktu. Saat ini, bisnis bergantung pada email yang dikenal sebagai pilihan komunikasi yang jauh lebih cepat dan lebih murah.

5. Ketersediaan

Internet adalah media yang buka 24/7. Tidak seperti toko fisik, bisnis yang beroperasi secara online tidak dibatasi waktu buka dan tutupnya. Bisnis ini buka sepanjang waktu kecuali tidak ada waktu henti. Hal ini juga menguntungkan bagi nasabah karena mereka dapat memproses transaksi kapan saja.

Kekurangan Internet untuk Bisnis

Kelebihan dan Kekurangan Internet Untuk Bisnis

1. Kompetisi

Banyak perusahaan kecil memilih untuk memilih bisnis online karena pengurangan biaya. Ketika biaya yang tidak perlu dihindari, bisnis akan dapat menawarkan produk dengan harga yang jauh lebih murah.

Sekarang mirip dengan bisnis Anda, mungkin ada jutaan perusahaan lain yang menawarkan produk dan layanan. Jadi mungkin sulit bagi usaha kecil untuk membangun tempat di pasar internet untuk memecahkan persaingan yang ketat ini.

2. Produktivitas

Internet dilengkapi dengan berbagai pilihan hiburan yang semuanya dapat mengalihkan perhatian seorang pekerja. Pekerja dapat membuang waktu mereka di media sosial dan game online yang dapat mengakibatkan hilangnya produktivitas.

Dan juga, pekerja yang menonton video online dapat memperlambat kinerja jaringan mereka karena jumlah bandwidth yang dikonsumsi secara signifikan. Dengan demikian, pekerja lain yang menggunakan jaringan yang sama akan mengalami koneksi yang lambat.

3. Serangan Malware

Karyawan yang menggunakan internet rentan terhadap serangan malware. Tanpa disadari malware dapat menyelinap ke PC kantor saat staf menjelajahi internet. Bahkan jika satu komputer kantor terinfeksi malware, ia berpotensi memengaruhi seluruh jaringan. Namun, ada beberapa pengukuran yang dapat dilakukan dalam jaringan untuk mencegah infeksi tersebut.

4. Interaksi Langsung

Melakukan bisnis melalui internet tidak memiliki interaksi langsung. Bisnis yang sepenuhnya bergantung secara online tidak pernah berinteraksi dengan pelanggan mereka secara langsung. Sebaliknya transaksi dilakukan secara elektronik. Ini kurang efisien dalam hal pengalaman pelanggan karena perusahaan tradisional memberikan lebih banyak pengalaman langsung.

5. Ulasan Negatif

Internet adalah platform umum untuk semua orang. Oleh karena itu, pelanggan bebas untuk mengungkapkan pendapat mereka kepada orang lain. Jika pelanggan menemukan pengalaman buruk dari bisnis Anda, dia mungkin membagikan umpan balik mereka di forum dan media sosial.

Ketika pelanggan melihat ulasan negatif seperti itu, mereka cenderung tidak melakukan transaksi bisnis. Akibatnya, ulasan negatif dapat merusak reputasi bisnis secara signifikan.

Chris Pierce

Back to top