Deretan Inovasi Luar Biasa Dari Internet of Things

Deretan Inovasi Luar Biasa Dari Internet of Things – Internet of Things, atau IoT, pada dasarnya adalah tujuan yang terpadu untuk menciptakan dunia yang sepenuhnya terhubung, di mana perangkat dan juga berbagai orang dapat berkomunikasi dalam pemberitahuan sesaat.

Bisnis teknologi yang terkemuka di seluruh dunia terus berinovasi dan berusaha menghadirkan perangkat terhubung hebat berikutnya. Pada artikel ini, kita akan memeriksa beberapa teknologi Internet of Things yang luar biasa dan bagaimana pengaruhnya terhadap dunia teknologi. idnplay

Berikut adalah 5 inovasi luar biasa di IoT:

1. Amazon Echo

Deretan Inovasi Luar Biasa Dari Internet of Things

Echo adalah model asisten cerdas unggulan untuk Amazon. Echo memiliki beragam fitur yang luar biasa dan dapat digunakan di hampir setiap bagian kehidupan Anda. Untuk rumah, Echo bertindak sebagai semacam hub pusat. Itu dapat mengontrol termostat Anda, sistem alarm, dan memesan bahan makanan untuk Anda dengan mudah.

Jika Anda memiliki integrasi rumah pintar penuh maka Anda dapat menggunakan Echo sebagai pusat perintah untuk semua produk pintar Anda. Ini memiliki titik harga yang bagus dan fungsinya menjadikannya salah satu yang terbaik di pasar. Tentu saja, integrasi belanja Amazon-nya juga tidak merugikan.

2. Beranda Google

Dengan cara yang mirip dengan Echo, Google Home adalah asisten cerdas yang komprehensif yang mampu melakukan banyak hal walaupun sedikit. Ini juga memiliki titik harga yang bagus dan memiliki potensi yang hampir tidak terbatas.

Apa yang membedakannya, adalah suara Google dan integrasi pencarian. Karena penggabungan teknologi ini, Beranda Google mampu meneliti topik dan memberikan hasil terbaik untuk pertanyaan Anda. Ini juga membanggakan suara google yang merupakan salah satu platform perangkat lunak pengenalan suara terkuat di pasar.

3. Ecobee

Ecobee menawarkan termostat cerdas yang, berkat inovasi di Internet of Things, dapat melakukan lebih dari sekadar mengendalikan suhu. Ini menggunakan program Amazon Alexa bawaan sehingga Anda dapat mengontrol suhu dengan suara Anda, mendapatkan berita terbaru, dan mengontrol bagian lain dari rumah pintar Anda.

Ecobee juga membuat tombol lampu pintar yang memanfaatkan Alexa sehingga Anda dapat menyalakan lampu dengan suara Anda. Bahkan, rangkaian teknologi mereka dibangun di atas gagasan hidup bebas genggam. Ini adalah faktor pendorong utama untuk Internet of Things.

4. Neurio

Neurio adalah perangkat rumah pintar bagi mereka yang ingin mengetahui segalanya tentang penggunaan energi rumah mereka hingga ke detail terakhir. Mereka menggunakan analitik energi mendalam untuk memecah secara tepat di mana dan bagaimana energi Anda digunakan sehingga Anda dapat mengoptimalkan output energi rumah Anda.

Neurio menggunakan pengumpulan data untuk terus memperbarui dan menyediakan pembacaan energi yang akurat. Pada akhirnya, tujuan mereka adalah membuat dunia di mana setiap orang mengendalikan penggunaan energinya, output, dan penjualannya. Bagian terbaiknya adalah bahwa analitik ini dapat diamati dan dikelola melalui aplikasi smartphone mereka.

5. Dering

Ring adalah perangkat IoT multi-fungsi canggih yang membawa kamera dan mikrofon ke setiap sistem bel. Berbeda dengan bel pintu tradisional, Ring menggunakan teknologi canggih untuk membuat bel pintu Anda lebih pintar dan pintu depan Anda lebih aman. Perampokan baru-baru ini mereka ke dalam keamanan telah membuat mereka menjadi pemain yang kuat dalam permainan keamanan rumah.

Dering menggunakan aplikasi web yang dioptimalkan pada ponsel cerdas Anda untuk mengoordinasikan semua perangkat keamanan Anda yang terhubung dan memungkinkan Anda untuk memantau rumah Anda di mana pun Anda berada. Ini berarti Anda dapat membawa pulang rumah ke mana pun Anda pergi dan terus memantau keamanan properti Anda. Inovasi IoT ini merupakan sinyal luar biasa tentang seberapa cepat teknologi berkembang dan bagaimana hal itu mengubah hidup kita.

Kesimpulan

Internet of Things benar-benar teknologi yang menarik. Bayangkan sebuah dunia di mana setiap objek di rumah Anda terus terhubung ke internet, berkomunikasi dengan objek lain di rumah Anda, dan mengumpulkan data penting tentang penggunaannya sendiri. Teknologi semacam ini, ketika diadopsi oleh pemilik rumah dan pemilik bisnis, dapat membentuk kembali bagaimana kita berinteraksi dengan segalanya.

Untuk aspek kehidupan di rumah, Internet of Things akan membuat Anda siap untuk apa pun. Evolusi lambat dan akhirnya dari teknologi internet telah memberi kita seperangkat perangkat yang dapat sepenuhnya dikendalikan oleh ponsel kita dengan mudah. Lemari es, termostat, dan asisten yang pintar membuat menavigasi hal-hal sepele kehidupan menjadi jauh lebih menghibur.

Hal yang sama dapat diterapkan pada kehidupan kerja kita karena revolusi teknologi ini melanjutkan voli indra kita. Kemajuan teknologi ini memungkinkan kita untuk memiliki asisten, pembeli, dan pelayan pribadi kita sendiri.

Pada akhirnya, Internet of Things adalah tentang meningkatkan kualitas hidup bagi semua orang di planet ini. Penggunaan teknologi komunikasi nirkabel akan membuka pintu-pintu yang sebelumnya ditutup karena jutaan orang akan mendapatkan akses ke informasi dan orang-orang yang tidak pernah dapat mereka jangkau sebelumnya. Jika ada teknologi yang harus diperhatikan untuk Internet of Things.

Prevalensi IoT telah sampai pada titik bahwa benda fisik sekarang memiliki jejak digital dan dapat dikontrol melalui teknologi digital dan pintar.

Dan meskipun sejumlah aplikasi IoT belum direalisasikan, banyak aplikasi lain telah menjadi setara untuk kursus di zaman modern, dalam otomatisasi pemasaran, dan seterusnya.

Kita melihat contoh-contoh Internet of Things beraksi di dunia nyata, sebagai berikut:

1. Analisis Data

Deretan Inovasi Luar Biasa Dari Internet of Things

Data telah menjadi aspek terpenting dari pemasaran, operasi, dan industri dalam beberapa tahun terakhir.

Bisnis bekerja lembur untuk mengumpulkan data sebanyak mungkin untuk segmentasi demografis, dan memeriksanya secara mendalam untuk memperbaiki proses mereka yang sedang berjalan.

Dan dari mana data ini berasal? Terutama melalui perangkat yang terhubung melalui Internet of Things.

Tetapi data itu sendiri nilainya kecil — data perlu dianalisis secara menyeluruh untuk memahami tren dan pola, dan bagi analis untuk mendapatkan statistik yang paling relevan.

Dengan kata lain, suatu sistem diperlukan untuk memahami apa arti data yang dikumpulkan untuk bisnis dan bagaimana hal itu dapat digunakan untuk mengoptimalkan siklus hidup pelanggan.

Analisis data dapat menjadi pekerjaan yang rumit dan menghabiskan waktu. Agar staf manusia bertugas menganalisis rim data yang dikumpulkan, bisnis perlu menyisihkan banyak waktu dan energi yang tidak mereka miliki.

Itulah sebabnya begitu banyak bisnis beralih ke aplikasi IoT — seperti ThingSpeak, Zatar, Google Cloud, GroveStreams  yang membuat proses analisis jauh lebih cepat dan lebih efisien.

Aplikasi IoT menggunakan bantuan pembelajaran mesin, sensor, dan tag untuk menyusun, menguraikan, dan mengelompokkan data.

Dalam hubungannya dengan perangkat lunak dan sumber daya analisis lainnya, data dapat dianalisis lebih lanjut untuk tujuan pelaporan dan membuat rencana proyek yang efisien.

2. Pertanian dan IoT

Pertanian cerdas telah mengambil alih bidang pertanian selama beberapa tahun terakhir.

Perangkat, mesin, dan bahkan kendaraan telah terhubung melalui IoT dan, sebagai hasilnya, telah meningkatkan efisiensi pertanian, menjadi kurang padat karya, dan meningkatkan nilai pesanan rata-rata.

IoT dikerahkan dalam pertanian melalui penggunaan robot, tag, sensor, dan kendaraan dan drone yang bisa mengemudi sendiri. Drone, khususnya, menghemat banyak waktu dan kerja keras bagi petani.

Belum lama ini, petani harus secara fisik membuat putaran peternakan mereka untuk memahami tanaman mana yang makmur, atau gagal.

Sekarang, drone terbang di atas peternakan, berbagi umpan hidup dari rekaman udara pertanian, bersama dengan data tentang daerah-daerah yang perlu perhatian. Drone bahkan dapat mengirimkan pestisida dan pupuk ke area tertentu menggunakan laser untuk pengiriman presisi.

Selain itu, dengan teknologi IoT, petani dapat melacak cuaca, tanah, dan kejadian alam lainnya dengan lebih baik yang dapat mempengaruhi hasil panen mereka.

Petani juga dapat memantau kondisi tanaman mereka setiap saat. Aplikasi IoT mencari dan menganalisis data tanaman secara real-time, yang kemudian dikirim ke petani agar mereka dapat melakukan penyesuaian yang diperlukan.

Chris Pierce

Back to top