Cara Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Pada Ponsel dan PC

Cara Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Pada Ponsel dan PC – Anda merupakan salah satu orang yang setiap hari menggunakan jaringan internet untuk bekerja atau untuk mencari tugas-tugas kuliah? Pasti akan merasa jengkel jika jaringan internet di laptop, komputer, atau handphone berjalan tidak cepat dan cenderung lambat.

Pekerjaan akan terganggu dan bisa saja target tidak terpenuhi dengan maksimal. Internet di zaman modern seperti ini juga sangat menunjang kegiatan lainnya seperti dalam mengirim data, untuk bermain game, untuk menonton video, dan lain sebagainya. Kini setiap orang pasti menggunakan jaringan internet untuk kegiatannya sehari-hari. https://www.queenaantwerp.com/

Cara Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Pada Ponsel dan PC

Jaringan internet yang lelet atau tidak cepat membuat kita merasa kesal bahkan marah. Koneksi jaringan internet yang lelet juga bisa disebabkan oleh berbagai hal. https://www.queenaantwerp.com/

Salah satunya karena hardware atau perangkat keras pada laptop atau komputer memerlukan upgrade atau diperbaharui, dan masih banyak lagi alasan lainnya. Terus bagaimana cara mengatasi koneksi jaringan internet yang tidak lancar atau tidak cepat di laptop, komputer atau handphone?

Berikut ini rangkuman beberapa tips cara mempercepat koneksi jaringan internet di ponsel atau di komputermu, yang bisa Anda coba tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal dan praktis.

1. Mengatur Bandwith Internet

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat jaringan internet adalah dengan mengatur bandwith internet yang terhubung ke perangkat komputer atau laptop Anda.

– Caranya, pertama klik Start pada desktop, kemudian ketik kata kunci “gpedit.msc” pada kolom pencarian dan tekan Enter.

– Pada menu Computer Configuration pilih Administrative Templates, kemudian pilih Network, kemudian pilih Qos Packet Scheduler.

– Di sini Anda tinggal memilih tab Setting yang berada di kanan jendela dan pilihan Limit reserveable bandwith dan pilih Enabled.

– Kemudian Anda masuk pada opsi Option, kemudian Bandwith Limit (%) dan masukkan angka 0.- Klik tombol Apply dan OK untuk menyelesaikan proses.

2. Install Software Antivirus

Untuk mempercepat koneksi internet di komputer atau laptop, Anda bisa menginstall dan menggunakan software antivirus terbaik agar terhindar dari ancaman. Ancaman tersebut antara lain virus, adware, malware, dan hal-hal berbahaya lainnya yang bisa membuat koneksi jaringan internetmu menjadi lelet.

Antivirus juga akan mencegah perangkatmu untuk menginstall aplikasi yang berbahaya. Atau mendownload file yang mengandung hal-hal yang bisa merusak sistem operasi komputermu.

3. Update Browser Internet

Update browser internet di komputer, laptop, atau ponselmu. Ini akan membuat koneksi jaringan internet menjadi lebih cepat karena aplikasi menggunakan software yang terbaru. Dan pastinya dengan pembaharuan tersebut ada pengembangan-pengembangan yang mengoptimalkan kinerja perangkat dan juga koneksi jaringan internet yang digunakan.

4. Upgrade Hardware

Upgrade perangkat keras yang ada pada komputermu untuk koneksi jaringan internet lebih cepat lagi. Semakin baru perangkat keras yang ada di komputermu, maka akan membuat koneksi internetnya juga semakin bertambah.

Hal ini bisa terjadi karena setiap hardware yang baru pasti memilik pembaharuan dan pengembangan yang lebih anyar dan lebih canggih lagi. Untuk laptop dan ponsel mungkin hardware tidak bisa diupgrade, Anda mungkin harus membeli laptop atau ponsel baru dengan teknologi koneksi jaringan internet terbaru.

5. Menggunakan Aplikasi VPN

VPN atau Virutual Private Network adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan publik dan menggunakannya untuk dapat bergabung dengan jaringan lokal. Dengan cara tersebut maka akan didapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada di dalam LAN itu sendiri, walaupun sebenarnya menggunakan jaringan milik publik. Aplikasi VPN bisa digunakan di ponsel, komputer, dan juga laptop.

Itulah beberapa cara untuk mempercepat koneksi jaringan internet di ponsel dan komputer yang bisa Anda coba. Namun sebenarnya koneksi jaringan internet juga tergantung dari provider yang Anda gunakan, dan juga lokasi saat Anda berada. Jika di lokasimu jaringan tidak cukup baik, maka koneksi internet juga akan buruk atau tidak cepat.

Cara lainnya yang dapat dicoba, yaitu :

1. Periksa dan bersihkan website yang dikunjugi

Cara mempercepat koneksi internet pc dan laptop adalah periksalah website yang dikunjungi. Pada umumnya, sebuah browser akan menyimpan cookies, cache dan history.

Ketiganya merupakan informasi seputar website yang dikunjungi sampai dengan password yang disimpan untuk masuk ke suatu situs.

Untuk itu, disarankan agar membersihkan ketiganya sebulan sekali agar koneksi internet pc atau laptopmu bisa berjalan dengan baik tanpa kendala apapun.

2. Jangan membuka tabs terlalu banyak

Cara mempercepat koneksi internet pc dan laptop yang kedua adalah jangan membuka tabs terlalu banyak. Terkadang karena tidak ingin menutup satu laman, membuka tab baru untuk mengakses halaman atau situs lain tidak jarang dilakukan.

Semakin banyak tabs yang dibuka sangat berpengaruh terhadap kinerja dari perangkat. Disarankan untuk tidak membuka tabs terlalu banyak dalam waktu yang bersamaan.

3. Pikirkan lagi untuk menambah add-ons pada browser

Cara mempercepat koneksi internet yang ketiga adalah pikirkan lagi untuk menambah add-ons pada browser.

Cara Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Pada Ponsel dan PC

Ada beberapa dari para pengguna PC yang menambahkan berbagai add-ons untuk browsernya hanya untuk terlihat keren. Hal itu ternyata justru membuat browser rawan crash dan error.

Ditambah lagi dengan mencoba mengotak-atik settingan di halaman “about config” browser. Apabila tak terlalu mengerti, maka akan menjadi browser lamban dalam kinerjanya.

4. Perhatikan modem agar tidak terlalu panas

Cara mempercepat koneksi internet pc dan laptop yang keempat adalah perhatikan modem agar tidak terlalu panas. Bagi pengguna pc atau laptop yang mengambil jaringan internet dari modem, harap sering sering untuk mencek kondisi modem yang Anda miliki.

Ada saatnya dalam penggunaan dalam jangka waktu yang lama, modem akan menjadi panas. Dengan panasnya modem yang digunakan, maka secara otomatis akan membuat kinerja perangkat tersebut menjadi menurun.

Disarankan untuk mematikan komputer atau PC atau laptop yang digunakan dan melepas modem tersebut. Dinginkan untuk beberapa saat dan siap digunakan kembali seperti sedia kala.

5. Update anti virus

Cara mempercepat koneksi internet pc dan laptop yang kelima adalah update anti virus. Salah satu perihal yang sering menjadi salah satu faktor penyebab kenapa PC atau juga browser menjadi lelet adalah serangan virus. Gunakan dan update selalu antivirus yang dipakai.

6. Telfon layanan internet yang Anda miliki

Cara mempercepat koneksi internet pc dan laptop yang keenam adalah menelfon layanan internet yang Anda milki. Karena besar kemungkinan memang lambatnya akses internet disebabkan oleh penyedia layanan.

Oleh karenanya hubungi penyedia layanan tersebut untuk menanyakan permasalahan tersebut. Atau bisa saja Anda lupa atau belum membayar layanan internet yang Anda miliki. Selalu memeriksa apakah paketan pulsa untuk internetan masih memadai atau sudah waktunya mengisi ulang.

7. Perhatikan ketinggian router Wi-Fi

Cara mempercepat koneksi internet pc dan laptop yang ketujuh adalah posisi router. Banyak orang yang tak terlalu mempedulikan pentingnya meletakkan spot yang baik untuk router Wi-Fi mereka. Padahal tidak pas sedikit saja perbedaannya sudah sangat besar.

Ternyata tingginya tempat meletakkan router jadi hal yang cukup penting dalam kecepatan koneksi. Bila Anda meletakkan router di belakang barang-barang yang berserakan, hal tersebut dapat memperburuk sinyal Wi-Fi.

Selain daripada itu, beton, cor, atau metal adalah material yang sangat kuat untuk menghalau gelombang Wi-Fi, Jadi hindarkan meletakkan router Anda di area basement yang dikelilingi beton. Terkait posisi, makin jauh Anda dari sumber Wi-Fi, maka sinyal akan makin lemah. Cobalah untuk mendekat ke router jika sinyal mulai lemah.

8. Jumlah pengguna yang terlalu banyak

Sudah hal biasa, jika satu koneksi digunakan oleh lebih banyak orang, lemot tak akan terhindarkan. Terlebih lagi koneksi digunakan untuk aktivitas internet berat seperti bermain game, atau streaming Netflix.

Selain daripada itu, mengunduh file-file yang besar juga berpengaruh pada kecepatan koneksi. Jika Anda lebih butuh browsing ketimbang mengunduh, coba tunda dulu unduhan Anda dan nikmati koneksi yang pasti lebih cepat.

Banyaknya jumlah orang yang memakai koneksi internet mempengaruhi jumlah bandwith yang termakan.

Back to top